Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengatakan para pihak di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut berkomitmen menjaga kondusivitas pelaksanaan Pemilu 2024.

"Salah satu yang dibahas mengenai kerawanan menjelang dan saat pelaksanaan pemilu 2024," kata Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Rabu.

Pemprov Sulut, kata Gubernur Olly menggelar rapat bersama jajaran Forum Pimpinan Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), ikut membahas pelaksanaan pemilu.

Menurut Gubernur, hasil survei, provinsi ujung utara Sulawesi termasuk daerah dengan tingkat kerawanan tinggi.

Karena itu, menurut Gubernur Sulut periode kedua tersebut, melalui rapat yang digelar ini, Pemprov bersama TNI-Polri dan para pemangku kepentingan terkait berkomitmen menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah ini berjalan aman.

"Kita berkomitmen bersama Gakkumdu, TNI-Polri untuk menjaga supaya tidak ada kerawanan. Sehingga (kerawanan) bisa kita redam," tukas Gubernur.

Bawaslu meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, lembaga tersebut  melakukan pemetaan potensi kerawanan di 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Untuk kategori rawan tinggi yaitu, Jakarta dengan skor 88,95, Sulawesi Utara (87,48), Maluku Utara (84,86) Jawa Barat (77,04) dan Kalimantan Timur (77,04).

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024