Sitaro (9/2) AntaraSulut - Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro melalui Dinas Pekerjaan Umum telah mengalokasikan anggaran untuk rehabilitasi ruas jalan menuju Bandar Udara Pihise, Siau. Paket perbaikan infrastruktur jalan ini segera dikerjakan guna mendukung kesiapan pengoperasian bandara yang direncanakan selesai dibangun tahun 2016 mendatang.

"Sudah ada tertata dalam APBD induk tahun ini paket rehabilitasi ruas jalan Buhias Talawid Lingkar Selatan,  dalam persiapan realisasi dalam waktu dekat ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Joickson Sagune saat ditemui di Ondong, Senin siang. Tidak disebutkan berapa anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan ruas jalan sepanjang 6 kilometer.

Pembenahan infrastruktur pendukung pengoperasian Bandara Pihise juga dilakukan dari arah selatan. Dalam tahun anggaran 2015 ini juga, menurut Sagune, teralokasi anggaran rehabilitasi jalan Ondong-Talawid, lanjutan dari paket tahun anggarab sebelumnya. Secara bertahap hingga tahun depan ditargetkan kondisi jalan dari dan menuju bandara selesai diperbaiki.  

Diakui Sagune bahwa untuk saat ini Pemkab Sitaro fokus pada upaya merehabilitasi kondisi jalan yang rusak, pelebaran jalan terkendala oleh keterbatasan lahan terutama posisi rumah penduduk yang sangat mepet dengan bahu jalan. "Sepanjang lahan memungkinkan, kita akan perlebar ruas jalan untuk memperlancar akses dari dan menuju bandara," kata Sagune.

Dalam jangka panjang, sambung Sagune, pemkab Sitaro akan memperjuangkan peningkatan status ruas jalan jalur timur dan jalur selatan yang terkoneksi dengan lingkar selatan Pulau Siau dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi. Jika saat ini ruas jalan di jalur tersebut hanya berkisar 2,5 meter hingga 3,5 meter, jika menjadi jalan propinsi bisa diperlebar menjadi 6 meter.

Saat ini, di Siau bahkan Sitaro belum ada jalan negara, hanya terdapat 10 kilometer jalan provinsi, "Selebihnya jalan kabupaten yang secara bertahap akan kita upayakan untuk ditingkatkan menjadi jalan provinsi," katanya.

Bupati Sitaro, Toni Supit, sebagaimana dikutip Sagune akan membangun jalan alternatif bebas hambatan dari Ulu ke Bandara Pihise menyusuri tepi pantai, lanjutan dari jalan Boulevard Ulu Siau Timur sampai di Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan. Studi kelayakan atas rencana tersebut akan dilakukan dalam tahun ini, setelah tertata dalam APBD perubahan, Agustus atau september mendatang.  


Pewarta : Fidel Malumbot
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024