Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan manasik haji cilik di Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Raudhatul Athfal (RA) se-Bolaang Mongondow melakukan manasik haji cilik yang dilaksanakan Desa Ayong, Kecamatan Sangtombolang," kata Kepala Kemenag Bolmong Shabri Makmur Bora, di Bolmong, Jumat.

Dia mengatakan kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang begitu besar dari Pemerintah dan Kementerian Agama Kabupaten Bolaang.

Dia mengatakan bahwa "Raudhatul Athfal merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Dari segi kurikulum pengajarannya, dimana di usia empat tahun merupakan titik kecerdasan manusia memiliki 50 persen kemampuan menyimpan dan menangkap segala sesuatu. 

"Maka dari itu sudah sepantasnya kita mengajarkan pendidikan agama dan sosial terlebih dalam pembentukan karakteristik anak dan moral yang baik," katanya.

Di satu sisi acara Manasik Haji Cilik ini dibuka langsung oleh Pejabat Bupati Bolaang Mongondow yang diwakili oleh asisten II Zainudin Paputungan memberikan penyampaian betapa pentingnya mendidik anak usia dini, terlebih ilmu agama yang kegunaannya tidak hanya untuk dunia bahkan untuk akhirat.

Manasik Haji Cilik yang dilaksanakan di Desa Ayong dihadiri oleh pejabat Bupati Bolaang Mongondow yang diwakili oleh Asisten II Zainudin Paputungan, Kakankemenag Shabri Makmur Bora, Kepala Dinas P3A Farida H Mooduto, Camat Sangtombolang Reza Adi Sucipto Damopolii, Kepala Desa Ayong Abdul Haris Algaus, Kepala Seksi Haji Kifli Lamusa, Kepala Seksi Madrasah Nurhan Soga, dari unsur TNI dan Polri bahkan dihadiri oleh mantan kepala Kementerian Agama Bolaang Mongondow Tavip Pakaya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024