Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara (Sulut) bersama Polres Minahasa Utara (Minut) melaksanakan penanaman pohon di Hutan Kenangan, Airmadidi, dalam menyambut HUT ke-72 Humas Polri, Jumat.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Iis Kristian dalam sambutan dibacakan Kaur Penum Subbid Penmas Kompol Selfie Torondek, mengatakan, penghijauan serentak ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Polri terhadap pelestarian alam.

"Tujuannya untuk menjaga kelestarian alam agar terhindar dari kerusakan bahkan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, dan lainnya," kata Selfie.

Melalui kegiatan penghijauan ini, lanjut dia, mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan alam demi keberlangsungan kehidupan generasi mendatang.

"Atas nama pimpinan Polda Sulut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan penghijauan ini sehingga bisa berjalan dengan baik," katanya.

Dia mengatakan, ada beberapa kegiatan lain yang telah dilaksanakan oleh Polda Sulut dan seluruh Polres jajaran serta media massa dalam rangka menyambut HUT Humas Polri ke-72 tahun 2023.

Antara lain, pembagian air bersih dan bakti sosial untuk masyarakat yang membutuhkan serta donor darah.

"Rangkaian kegiatan HUT Humas Polri ke-72 tahun 2023 diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, berupa kegiatan kemanusiaan maupun pelestarian alam. Hal ini sebagai implementasi Polda Sulut atas petunjuk dan arahan Bapak Kapolri, untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat," katanya.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bersama rekan-rekan media menunjukkan bahwa Humas Polri dan media tidak saja solid dalam menyampaikan informasi-informasi penting yang perlu diketahui oleh masyarakat.

"Tetapi juga solid dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan maupun pelestarian alam seperti yang dilaksanakan pada saat ini," katanya.

Sementara itu Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda melalui Kabid Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Sjane Kandou, mengapresiasi kegiatan penghijauan yang dilaksanakan oleh Polda Sulut dan Polres Minut ini.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minut, mengapresiasi Polda Sulut dan Polres Minut yang mengadakan penanaman pohon ini. Semoga penanaman pohon ini juga bisa diikuti dan dilanjutkan oleh masyarakat," katanya.

Pada kegiatan itu, sekitar 500 bibit pohon cempaka dan nantu ditanam di kawasan hutan yang berada di Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minut itu.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari penghijauan serentak se-Indonesia dalam rangka HUT Humas Polri ke-72 tahun 2023, dengan tema, "Humas Polri Presisi untuk Negeri Menuju Indonesia Maju".

Dalam penghijauan serentak ini Polda Sulut dan Polres jajaran menanam sekitar 3.450 bibit pohon berbagai jenis, seperti, mangrove, pinus, ketapang, nantu, mahoni, cempaka, durian, dan alpukat.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024