Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memberikan bantuan alat penunjang budidaya ikan guna meningkatkan sektor perikanan, di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mendukung potensi budidaya ikan air tawar lewat bantuan alat penunjang budidaya ikan," kata Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, di Airmadidi, Sabtu.

Bupati mengatakan untuk mendukung roda ekonomi masyarakat, pemerintah menyalurkan bantuan alat penunjang budidaya ikan air tawar dan melakukan panen bersama Kelompok Budidaya Ikan Sehati di Kelurahan Rap-rap Kecamatan Airmadidi.

Bupati menjelaskan, setiap hari Kabupaten Minahasa Utara melakukan panen lima sampai tujuh ton ikan mas dan nila yang dipasok ke daerah Minahasa, Manado dan di rumah makan di Minut, bahkan ekspor ke Jepang.

Ada beberapa kecamatan di Minahasa Utara yang sangat potensial, dimana pertumbuhan ekonomi Minahasa utara saat ini bisa terserap dari kegiatan pembudidayaan ikan air tawar seperti ini.

Kadis DKP Minahasa Utara Jack Paruntu mengatakan Pemkab Minut sejak dipimpin oleh Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung sangat memperhatikan dukungan pendanaan dan peralatan bagi sektor Perikanan dan Kelautan, baik dana APBD  maupun hasil lobi di Kementerian serta pemerintah pusat lainnya.

Para nelayan dan pengurus kelompok peternak ikan air tawar sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian dan kepedulian Bupati Joune Ganda bagi pengembangan usaha, termasuk solusi pemasaran hasil mereka selama ini.

Pemerintah, katanya, akan terus mendorong semua sektor riil agar meningkat tinggi.

Ia menjelaskan, jika semua sektor meningkat, maka ekonomi akan jauh di atas target.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024