Washington, (Antara/AFP) - Yunani tidak akan menghasilkan pemulihan ekonomi yang kuat kecuali pemerintah melonggarkan program penghematan, Presiden AS Barack Obama mengusulkan dalam pernyataannya yang disiarkan Minggu.

"Anda tidak bisa terus menekan negara yang berada di tengah-tengah depresi," Obama mengatakan kepada CNN ketika ditanya tentang situasi krisis yang melanda Yunani.

"Pada titik tertentu, harus ada strategi pertumbuhan agar mereka membayar utang mereka untuk menghilangkan beberapa defisit mereka."
    
Obama mengatakan ekonomi Yunani berada pada posisi "sangat membutuhkan" reformasi, tetapi memperingatkan bahwa perubahan drastis sulit untuk diterapkan dalam ekonomi yang sedang kesulitan.

"Ini sangat sulit untuk memulai perubahan-perubahan jika standar kehidupan jatuh sebesar 25 persen. Seiring waktu, akhirnya, sistem politik -- masyarakat-- tidak dapat mempertahankan itu," kata pemimpin AS.

Ekonomi Yunani telah menyusut seperempatnya sejak 2008. Menteri Keuangan Yanis Varoufakis mengatakan, ia ingin mencapai kesepakatan baru dengan kreditor internasional tentang beban utang negaranya pada akhir Mei.

Eropa, khususnya Jerman, sedang mengawasi pemerintahan baru  Yunani yang berhaluan kiri, setelah partai anti-penghematan Syriza meraih kemenangan pada pemilu bulan lalu menjanjikan untuk mencoba menghapus setengah dari utang Yunani.

Obama mengatakan dia berharap Yunani akan tetap di zona euro, tetapi memperingatkan bahwa itu akan mengambil "kompromi semua pihak" dan mengatakan pasar bisa bereaksi secara gugup.

"Ada pengakuan dari pihak Jerman dan lain-lain bahwa Yunani akan lebih baik untuk tetap di zona euro daripada berada di luar, dan pasar jelas akan menjadi bergairah tentang hal ini," kata dia.

    
       Ekonomi dalam "terjun bebas"
    
Kekhawatiran luas, Presiden menambahkan, adalah tingkat pertumbuhan Eropa.

"Kehati-hatian fiskal penting, reformasi struktural diperlukan di banyak negara-negara ini, tetapi apa yang telah kami pelajari dalam pengalaman AS adalah bahwa cara terbaik untuk mengurangi defisit dan memulihkan kesehatan fiskal adalah pertumbuhan," kata Obama.

"Bila Anda memiliki ekonomi yang berada dalam terjun bebas, harus ada strategi pertumbuhan dan tidak hanya upaya lebih banyak memeras dan lebih banyak menyakiti penduduk lebih buruk dan lebih buruk. "
    
Perdana Menteri baru Yunani Alexis Tsipras telah berjanji untuk membalikkan banyak langkah-langkah tidak populer yang mendukung  program dana talangan 270 miliar dolar AS.

"Keselamatan nasional" pemerintah Tsipras telah mengatakan akan membekukan rencana untuk menjual saham mayoritas di dua perusahaan pelabuhan negara itu, dan juga menghentikan privatisasi atas perusahaan listrik dan minyak bumi.

Obama menelepon Tsipras setelah kemenangannya untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilu -- yang menempatkan Yunani pada jalur berpotensi berbenturan dengan Washington.

"Presiden mencatat bahwa Amerika Serikat, sebagai teman lama dan sekutu, berharap untuk bekerja sama dengan pemerintah baru Yunani untuk membantu Yunani kembali ke jalur kemakmuran jangka panjang," kata pernyataan Gedung Putih.

Di negaranya sendiri, Obama telah berjanji untuk mengakhiri apa yang Gedung Putih telah juluki "krisis yang diproduksi dan penghematan ceroboh" yang dipicu oleh pemotongan anggaran otomatis.

          


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024