Manado (ANTARA) - Kakanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sulawesi Utara (Sulut) Jaconias Walaloya mengatakan semangat Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) mampu meningkatkan sinergitas menuju Indonesia Maju.

"Hantaru adalah untuk memperingati Hari Lahirnya Undang-undang (UU) Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960 dan Hari Tata Ruang Nasional, yang jatuh pada tanggal 24 September," katanya, di Manado, Sabtu.

Lutfi mengatakan dengan tema Hantaru 2023 "Kinerja dan Kolaborasi Untuk Indonesia Maju", diharapkan mampu meningkatkan semangat insan BPN di Sulut.

Ia menjelaskan komitmen Kementerian ATR/BPN mewujudkan pengelolaan pertanahan dan tata ruang yang maju dan berkelanjutan.

Lutfi menjelaskan Kementerian ATR/BPN senantiasa menjaga komitmen dalam melaksanakan fungsinya di bidang pertanahan dan tata ruang, serta menjalankan amanat UU dan juga Presiden RI dalam mewujudkan #IndonesiaLengkap2025. 

"Pelayanan pertanahan dan tata ruang yang berkelanjutan menjadi salah satu misi kami dalam menjalankan amanah tersebut," jelasnya.

Kementerian ATR/BPN, baik pusat maupun daerah, juga selalu berusaha adaptif dalam melaksanakan layanan pertahanan dan tata ruang, terutama terkait dengan digitalisasi dan perubahan dinamika sosial masyarakat. Transformasi digital yang terus diupayakan menjadi salah satu bukti sifat adaptif ini.

Sinergitas yang baik di internal dan eksternal untuk menuju Indonesia Maju.

Hal ini mencerminkan semangat dalam kinerja dan kolaborasi yang bersinergi, serta terintegrasi dan terkoordinasi dalam diri seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, baik secara internal lingkungan Kementerian ATR/BPN maupun dengan kementerian/lembaga, pemangku kepentingan, dan pihak eksternal lainnya. 

Jalinan kinerja dan kolaborasi ini bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan dan keberhasilan program kerja di bidang pertanahan dan tata ruang untuk menuju Indonesia Maju.

Kepala BPN Manado Alexander Wowiling mengatakan, khususnya BPN Sulut melakukan berbagai kegiatan baik internal karyawan maupun anjang sana ke sejumlah panti asuhan.

Pihaknya melakukan kegiatan zumba untuk semua karyawan BPN dengan maksud untuk kebersamaan serta kekompakan dalam melaksanakan tugas setiap hari.

"Di perayaan Hantaru kali ini, diharapkan mampu menjaga kebersamaan dan kualitas kerja demi masyarakat Sulut," jelasnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024