Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasang titik wifi di beberapa lokasi mencapai 78 persen hingga triwulan III tahun 2023 ini.

"Kami menargetkan sebanyak 1.000 titik wifi di Sulut, dan hingga saat ini telah terpasang sebanyak 786 titik atau sebesar 78 persen," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan hasil survei program 1.000 titik wifi, hampir mendekati 786 titik wifi di delapan kecamatan se-kota Bitung.

Menurut hasil survei dewan digital tentang pemanfaatan 1.000 titik wifi sudah benar-benar dimanfaatkan dan sudah merasakan dampak dari penggunaan 1.000 titik wifi.

"Para ASN harus sosialisasikan setiap program pemerintah dengan baik," katanya.

Dalam kegiatan ini hadir juga dari pihak PT Epson Indonesia dan melakukan pameran tentang perangkat digital yaitu mesin printing.

Wali Kota Bitung, didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Rudy Theno melakukan evaluasi dan implementasi Smart City Kota Bitung.

Wali kota mengatakan Smart City Bitung sudah sesuai jalur atau 'on the track'.

Maurits menjelaskan sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) setiap tahun selalu meningkat, artinya digitalisasi yang dicanangkan bersama telah di implementasikan jajaran ASN pemerintah kota Bitung dan dinikmati masyarakat.

Selain itu pemerintah Kota Bitung bersama dewan digital kota Bitung telah melakukan survei di delapan kecamatan.

Hasil survei sebagian besar hampir 100 persen ASN pemerintah kota Bitung, telah paham Bitung sebagai Kota Digital. Kemudian di masyarakat ada sedikit penurunan di angka 98 persen.

Meski begitu, katanya, kondisi tersebut menandakan masyarakat tahu tentang program digitalisasi.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024