Manado,  (ANTARA Sulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sinyo Harry Sarundajang mengatakan dalam kurun waktu 12 tahun Tomohon telah berubah mejadi kota mandiri dalam kreativitas.

Gubernur mengatakan hal itu dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut, Jhon Palandung sebagaimana dikutip Kabag Humas Setda Provinsi Sulut, Jahja Rondonuwu di Manado, Rabu.

Sambutan tertulis Gubernur itu dibacakan (27/1) pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tomohon dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-12 Kota Tomohon, di Tomohon.

Menurut Gubernur sebagai salah satu daerah otonom, kita telah melihat perubahan demi perubahan terjadi, sehingga Kota Tomohon terus dikenal sebagai daerah mandiri dalam kreativitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Selain itu Kota Tomohon mampu tampil dengan karakter, corak, warna dan identitasnya sebagai kota religius, kota pendidikan.

Tomohon juga dikenal sebagai kota bunga yang menjadi branding pencapaian visi, sekaligus sebagai penopang dan daya dukung pemantapan eksistensi Sulut sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia pasifik.

Karena itu Gubernur menyebutkan, kesemuanya ini, merupakan buah dari kerja besar, kerja keras dan kesungguhan atas kontribusi dari seluruh elemen yang ada, baik pimpinan daerah dan jajaran pemerintahan, tokoh agama, dan pemuka masyarakat, serta seluruh lapisan masyarakat di Kota Tomohon.

Meskipun daerah ini dikategorikan masih dalam usia sangat mudah atau memasuki masa remaja, Kota Tomohon telah menunjukan kekuatan yang diinspiratif, dibangun, dan ditata secara baik melalui kolaborasi, saling menopang antara pemerintah dan segenap stakeholders pembangunan.

Kota ini mampu membangun daya saing produktif, dengan titik berat pada peningkatan taraf hidup rakyat, pengembangan ekonomi lokal, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, serta berbagai kiatnya dalam mewujudkan Good Govenment dan clean Governance.

Karena itu Gubernur berharap masyarakat dan pemerintah Kota Tomohon untuk terus mengedepankan dan mengokohkan dalam memajukan daerah, ditengah hiruk pikuk dinamika pestas demokrasi Pemilukada tidak lama lagi akan dilaksanakan di kota ini,dikutip Kabag Humas Rondonuwu.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Micky Wenur, dihadiri Walikota Tomohon Jemmy Feidy Eman, Kapolda Sulut Brigjen Jimmy Palmer Sinaga, Ketua DPRD Sulut Steven Kandouw dan para pejabat serta para undangan.

Pewarta : Oleh Jootje Kumajas
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024