Manado (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara terus meningkatkan kompetensi para guru Taman Pendidikan Al Quran (TPA) di Provinsi Sulut.

"Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru TPA, maka Bidang Pendis (Pendidikan Islam) Kanwil Kemenag Sulut laksanakan pelatihan standarisasi guru TPA se-Sulut," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe di Kotamobagu, Selasa.

Dia mengatakan pelatihan standarisasi guru TPA sebagai strategis dalam rangka meningkatkan kompetensi mereka dalam aspek "fashahah".

Ia menjelaskan guru TPA yang berkompeten akan lebih memahami dan menguasai bacaan-bacaan garib dan "musykilah", strategi pembelajaran Al Quran, dan menguasai teknis "munaqasah".

Ia mengatakan kegiatan itu sebagai pertama dilaksanakan di Sulawesi Utara dengan menghadirkan narasumber atau instruktur nasional dari Pondok Pesantren Al Qur’an Nurul Falah Surabaya, Jawa Timur.

Waktu pelaksanaan pelatihan terbagi dalam tiga zona, yakni Zona Bolaang Mongondow Raya dilaksanakan di Kotamobagu, selama 12-13 September 2023, Zona Minahasa Raya dilaksanakan di Manado selama 14-15 September 2023, dan Zona Nusa Utara dilaksanakan di Tahuna selama 17-18 September 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kemenag Kotamobagu, antara lain dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kotamobagu Jamalludin Lamato, sejumlah pejabat dan jajaran ASN Kantor Kemenag Kotamobagu.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024