Manado (ANTARA) - Pemilihan Nyong Noni Sulawesi Utara (PNNS) 2023 dinilai mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di daerah tersebut.

"Kami harap Nyong dan Noni akan mampu membantu pemerintah dalam meningkatkan sektor pariwisata," kata Ketua Umum Ikatan Nyong Noni Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, di Manado.

Dia mengatakan jika sektor pariwisata Sulut meningkat otomatis akan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Kartika mengatakan lewat PNNS ini diharapkan para finalis akan mampu memperkenalkan objek wisata bahkan semua produk yang memperlihatkan keunggulan daerah Nyiur Melambai ini.

Kadis Pariwisata Daerah Sulut Henry Kaitjily mengatakan PNNS 2023 kali ini diikuti oleh 20 finalis dari sembilan kabupaten dan kota di Sulut.

Finalis PNNS 2023 berasal dari Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Minahasa Kota Kotamobagu, Kabupaten Boltim, Kota Tomohon, Kota Manado, Kota Bitung dan Kabupaten Minut.

Sedangkan enam kabupaten dan kota yang belum berpartisipasi adalah Kabupaten Mitra, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Bolsel, Kabupaten Bolmut, Kabupaten Bolmong.

Kegiatan PNNS 2023 akan berlangsung di dua kota yakni Manado dan Tomohon.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024