Manado, 23/1 (AntaraSulut) - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara siap membeli beras petani lokal di Sulawesi Utara dan Gorontalo, yang menjadi wilayah kerja Bulog berapapun jumlahnya.

Kepala Perum Bulog Divre Sulut, Yayan suparyan, di Manado, Jumat mengatakan, Bulog siap membeli beras petani dengan harga Rp6.600 per kilogram sesuai dengan harga pembelian yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Langkah itu sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi anjloknya harga beras petani mengingat para petani Sulut saat masuk panen raya.

"Bulog pada dasarnya ingin agar semua stok beras di gudang berasal dari beras petani, tetapi masalahnya, stok beras yang ada di tangan petani tidak sebanyak yang diperkirakan," katanya.

Beras yang ada di tangan petani, diserap juga oleh pedagang beras lainnya dengan harga yang terkadang lebih baik dari HPP, karena itu beras yang mampu diserap tidak sebanyak yang diharapkan, namun diharapkan tahun ini lebih tinggi ketimbang tahun lalu.

Stok beras Bulog di Sulut mencukupi hingga enam bulan ke depan dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Beras di gudang Bulog Bitung di Sulut hingga Juli 2015," jelasnya.

Yayan mengatakan dengan ketahanan beras hingga enam bulan ke depan, maka masyarakat tidak perlu khawatir pasti kebutuhan masyarakat miskin (raskin) akan terlayani dengan baik.***3***


Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024