Minahasa Utara, 22/1 (Antara Sulut) - Bupati Minahasa Utara Sompie Singal mengharapkan mutu pendidikan di daerahnya ditingkatkan supaya bermanfaat lebih besar bagi pelajar pada masa kini maupun mendatang.

"Peningkatan mutu pendidikan akan memberikan manfaat besar bagi siswa khususnya di Minahasa Utara masa kini hingga mendatang," ujar Sompie Singal saat meresmikan bangunan SMP Negeri 3 Airmadidi di Sawangan, Kamis.

Singal pun mengajak kepada semua guru agar membekali siswanya dengan ilmu pengetahuan serta teknologi.

"Tingkatkan kualitas pengetahuan anak didik. Karena bagaimanpun fasilitas yang dibangun sebagai operasional untuk mutu pendidikan lebih baik," katanya.

Tanpa pendidikan memadai kata Singal, peran siswa akan ketinggalan, apalagi di jaman modernisasi ini, teknologi kian meningkat.

"Marilah kita didik generasi muda agar menjadi generasi yang handal. Khusus untuk SMP Negeri 3 Airmadidi, kiranya dapat menggunakan sebaik mungkin fasilitas ini untuk menunjang pendidikan yang handal, unggul dan mandiri sebagai penerus bangsa Indonesia khususnya daerah Minahasa Utara," katanya.

Singal mengharapkan agar siswa Minahasa Utara mampu meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Selain itu kata dia, menguasai bahasa asing itu penting, tapi lebih penting juga bila siswa di Minahasa Utara diajarkan berbahasa Tonsea agar peninggalan budaya itu tidak punah.

Sementara Kepala SMP Negeri 3 Airmadidi di Sawangan Wangke Herny dalam laporannya mengatakan biaya pembangunan gedung sekolah besumberkan dana alokasi khusus.

"Dana alokasi khusus itu meliputi delapan paket berupa bangunan yang meliputi ruang kepala sekolah, ruang laboratorium IPA, ruang guru, ruang komputer, dan ruang tata usaha," katanya.

Dia pun sangat berterima kasih kepada pemerintah yang membantu pengadaan fasilitas tersebut

"Apa yang diberikan pemerintah akan memotivasi guru maupun siswa dalam proses belajar-mengajar," katanya.

Kepsek mengatakan, beberapa siswa di SMP Negeri 3 sudah mengikuti sejumlah lomba di antaranya di bidang kesenian olah raga dan budaya.

Peresmian gedung itu diiringi tarian kebesaran, musik kolintang dan maengket oleh siswa-siswi setempat.

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024