Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto meminta Polisi Wanita (Polwan) di jajaran kepolisian daerah tersebut terus mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilan, keahlian. 

"Saya berpesan kepada seluruh Polwan, khususnya Polwan Polda Sulut agar tak henti mengasah kemampuan dan meningkatkan kompetensi dalam bidang apapun, jangan biarkan kemampuan yang terbatas membatasi potensi kesuksesan yang tidak terbatas," kata Kapolda, saat syukuran memperingati Hari Jadi ke -75 Polwan RI, di Manado, Senin.

Pada kesempatan itu Kapolda Setyo Budiyanto menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Polwan.

"Saya mengucapkan selamat hari jadi ke-75 Polwan RI. Saya yakin dan percaya, para Polwan  Indonesia akan selalu tergerak untuk menjadi srikandi bhayangkara yang tangguh dan mampu membawa harum nama besar Polri dalam setiap tugas pengabdian yang dibebankan kepadanya.

Kapolda juga mengurai secara singkat perjalanan sejarah keberadaan Polwan Republik Indonesia.
 
"Kisah perjuangan para wanita perintis Polwan ini, hendaknya dapat dikenang dan diketahui oleh para generasi Polwan masa kini, karena dengan memahaminya, maka kita akan dapat memaknai nilai-nilai perjuangan para perintis Polwan, sebagai landasan semangat dalam memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik kepada masyarakat," katanya.

Institusi Polri, lanjut Kapolda, telah memberi kesempatan yang luas kepada para Polwan untuk mengikuti pendidikan pengembangan, baik di dalam maupun luar negeri, serta untuk menduduki jabatan operasional dan administratif yang memegang peranan penting dalam menyukseskan tugas kepolisian. 

"Di Polda Sulut, Polwan pun dipercaya untuk mengemban jabatan strategis di bidang masing-masing seperti Kabag, Kasubdit, Kasat Lantas, Kasat Narkoba, Kasat Reskrim dan Kapolsek. Tercatat ada 97 anggota perwira Polwan yang mendapatkan jabatan pada bidang yang menjadi keahliannya masing-masing," katanya.

Kapolda mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada personel Polwan Polda Sulut yang sudah berprestasi, yang telah menerima penghargaan.

Antara lain Bripda Zhania Zharon Damal peraih juara I taekwondo pada kejuaraan nasional, Bripda Kezia Janifer Tompoliu peraih juara I taekwondo Manado Open se Indonesia Timur 2023, Bripda Meisya Shelonia Jeynie Kaligis peraih juara I pencak silat Kapolri Cup 2023 dan Iptu Lesly D Lihawa peraih penghargaan 3 besar polisi pelindung anak dan perempuan “Hoegeng Awards” 2023.

"Terima kasih atas kerja keras dan kontribusi saudari yang sangat membanggakan ini. saya harapkan penghargaan yang telah diterima ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi diri kita masing-masing dan rekan-rekan yang lain dalam memberikan pengabdian terbaik bagi Indonesia khususnya masyarakat Sulut," kata Kapolda.

Syukuran Hari Jadi Polwan ini juga dihadiri  Ibu Asuh Polwan Polda Sulut Henny Setyobudi, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, para Pejabat Utama  Polda Sulut, perwakilan Wanita TNI dan diikuti secara virtual oleh Kapolres/ta jajaran.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024