Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Sulawesi Utara, Christodharma Sondakh berharap kabupaten dan kota menyiapkan data kependudukan yang akurat untuk pemilu 2024.

"Proses tahapan pemilu sementara bergulir, hendaknya ditindaklanjuti secara seksama oleh seluruh perangkat daerah yang membidangi kependudukan dan pencatatan sipil," harap Christodharma di Manado, Kamis.

Menurut dia, kebutuhan data penduduk menjadi dasar untuk dilakukan cek silang atau memastikan daftar pemilih sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dia berharap, dinas kependudukan dan pencatatan sipil terus menjalin koordinasi dengan perangkat daerah terkait maupun Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu daerah.

"Ini penting agar kontribusi yang kita berikan terkait data kependudukan untuk pemilu bisa dimanfaatkan secara optimal demi pemilu yang aman adil dan damai," ujarnya.

Dia mengajak dengan sangat gotong royong dan komitmen bersama, harapan bersama pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik.

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara menetapkan daftar pemilih tetap pada Pemilihan Umum 2024 di daerah itu sebanyak 1.969.603 orang.

Dari 1.969.603 pemilih, sebanyak 993.863 orang adalah pemilih laki-laki dan sisanya 975.740 orang pemilihan perempuan.


 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024