Manado, 9/1 (Antara) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Faizal Anwar mengatakan, tamu asing paling lama menginap di hotel-hotel Kota Manado pada November 2014.

"Rata-rata lama tamu asing menginap di hotel berbintang selama 4,15 hari pada bulan November 2014," kata Faizal, di Manado, Jumat.

 Faizal mengatakan, rata-rata lama tamu asing menginap mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya yakni naik 0,53 poin dari sebelumnya hanya 3,62 hari di bulan Oktober 2014.

 Peningkatan tamu asing menginap di hotel berbintang karena di akhir tahun banyak wisatawan mancanegara yang berlibur bersama keluarganya.

Untuk tamu domestik, katanya, rata-rata lama menginap di hotel hanya 1,86 hari pada November 2014 juga turun 0,03 poin dibandingkan bulan Oktober 2014 sebesar 1,89 hari.

Humas Hotel Sintesa Peninsula Manado, Julita Wowor mengatakan, memang secara keseluruhan lama menginap di hotel yakni wisatawan asing baik dari Asia, Eropa maupun Amerika.

"Banyak wisman datang berlibur akhir tahun di Kota Manado," jelasnya.

 Secara total memang masih tamu domestik paling banyak menginap di hotel, namun waktunya hanya singkat.

 Hal ini juga, katanya, setelah diberlakukannya peraturan pemerintah bahwa kegiatan pemerintahan baik pusat dan daerah tidak boleh dibuat di hotel.

 "Kebijakan pemerintah itu berpengaruh ke pihak hotel, namun pihaknya optimis industri hotel akan tetap tumbuh karena masih banyak sektor lain perlu digarap, "jelasnya.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024