Manado, 7/1 (AntaraSulut) - DPRD Sulawesi Utara mendukung langkah kepolisian setempat dalam meluncurkan kampanye aksi keselamatan tertib berlau lintas.

"Mendukung sepenuhnya program dari kepolisian, kampanye keselamatan berlalu lintas," kata Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Utara (Sulut) Novi Mewengkang, di Manado, Rabu.

Novi Mewengkang mengatakan, dengan kampanye tersebut antara lain dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di daerah itu.

"Selain itu, dapat mengurangi tingkat fatalitas akibat dari kecelakaan tersebut," kata Mewengkang, anggota dari Fraksi Partai Gerindra.

Menurut Mewengkang, melalui program ini juga diharapkan perilaku masyarakat dalam berlalu lintas akan menjadi baik.

Hal ini penting mengingat kondisi saat ini, masih terdapat perilaku pengendara yang "ugal-ugalan" berlalu lintas dan dapat berdampak negatif terhadap keselamatan diri sendiri ataupun orang lain.

Selain itu, terdapat pengendara membunyikan musik pada kendaraan dengan suara keras, yang dapat mengganggu pengendara ataupun orang lain.

"Diharapkan kegiatan ini dapat dikuti dengan penindakan terhadap para pelaku pelanggar lalu lintas sesuai dengan ketentuan berlaku, supaya memiliki efek jera," kata Mewengkang.

Sebelumnya, Rabu, 31 Desember 2014, Kapolda Sulut Brigjen Pol Jimmy Palmer Sinaga meluncurkan kampanye aksi keselamatan tertib berlalu lintas di Manado.

"Peluncuran kampanye aksi keselamatan tertib berlalu lintas tahap tiga yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia itu mengangkat semboyan "Menuju Indonesia tertib, bersatu keselamatan nomor satu".

Kampanye aksi keselamatan tertib berlalu lintas tahap tiga ini merupakan lanjutan dari dua tahap kampanye yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Tahap pertama dengan semboyan "Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan".

Serta tahap kedua dengan semboyan "Saya pelopor keselamatan berlalu lintas".
@antarasulut.com

Pewarta : Oleh Jorie M R Daronmdo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024