Sitaro (ANTARA) - Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Evangelian Sasingen, meraih penghargaan bergengsi sebagai mitra kerja yang luar biasa dalam wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Utara.

Penghargaan yang diserahkan langsung Kepala Kantor Wilayah Sulut KemenkumHAM, Ronald Lumbuun ini, diberikan  dalam rangka memperingati Hari Kementerian Hukum dan HAM yang ke-78.

Prestasi yang luar biasa dalam membangun sinergi dan kerjasama yang erat antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dengan Kemenkumham Sulawesi Utara, menjadikan Bupati Evangelian Sasingen sebagai salah satu tokoh yang diakui atas kontribusinya mendukung program Kemenkumham RI.

Dalam peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM, Evangelian Sasingen secara simbolis menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Hukum dan HAM RI di hadapan para pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, serta berbagai kalangan terkait di halaman Kantor Wilayah KemwnkumHam Sulut.

Penghargaan ini tidak hanya menggambarkan dedikasi Evangelian Sasingen terhadap pembangunan hukum dan hak asasi manusia, tetapi juga sebagai cerminan dari komitmen kuat pemerintah daerah dalam mendukung program nasional.

Penghargaan yang diterima sebagaimana surat Sekretaris Jenderal Kemenkumham Nomor SEK.2.KP.05.03-110 tanggal 18 Agustus 2023, hal pedoman Pemberian Penghargaan pada Peringatan Hari Kemenkumham ke 78 tahun.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro sebagai mitra kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara berperan aktif bersinergi menunjang pelaksanaan tugas.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro berkontribusi sebagai fasilitator Eazy Passport atau pelayanan permohonan paspor yang dilaksanakan di luar kantor.

Di mana Pemkab Kepulauan Siau Tagulandang Biaro secara aktif memfasilitasi pelayanan pembuatan paspor bagi kalangan ASN dan masyarakat umum yang dilaksanakan petugas Imigrasi.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengungkapkan kerjasama pemerintah daerah dengan jajaran Kemenkumham, merupakan komitmen bersama dalam mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat. "Pelayanan pembuatan paspor perlu didukung," kata Sasingen.

Sasingen menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan ini serta berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang produktif dengan Kemenkumham Sulawesi Utara guna mencapai kemajuan yang berkelanjutan dalam sektor hukum dan hak asasi manusia.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024