Manado, 5/1 (AntaraSulut) - Komando Resor Militer (Korem) 131 Santiago melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca buruk yang ditandai dengan tingginya curah hujan dibeberapa wilayah di Sulawesi Utara.

Danrem Santiago Kolonel Inf Binarko Sugihantyo, di Manado, Senin, mengatakan, telah menyampaikan kepada anggota dan staf terkait dengan kondisi cuaca yang terjadi saat ini.

"Untuk itu dimintakan personil untuk siaga terkait dengan kondisi cuaca tersebut," kata Binarko.

Dia mengatakan, terkait dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat tersebut, juga telah melakukan koordinasi dengan instansi lainnya di daerah itu.

Kordinasi tersebut dilakukan antara lain dengan unsur TNI lainnya, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

Koordinasi itu antara lain kesiapasiagaan sarana dan prasarana dalam mengantisipasi kondisi cuaca tersebut.

Langkah ini penting sehingga jika terjadi bencana seperti tanah longsor dan banjir cepat melakukan komunikasi dan penanggulangan dalam memberikan bantuan kepada masyarakat.

"Dalam memberikan bantuan kepada masyarakat tidak boleh terlalu lama, tetapi masyarakat harus cepat mendapatkannya," katanya.

Akhir-akhir ini pada sejumlah daerah di Provinsi Sulut terjadi curah hujan yang cukup tinggi.

Dengan curah hujan tinggi itu terdapat beberapa wilayah seperti pada sejumlah titik di Kabupaten Sangihe terjadi tanah longsor.@antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024