Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di sejumlah wilayah Sulawesi Utara(Sulut) mewaspadai potensi cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 22 Agustus 2023 mendatang," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Sabtu.

Beberapa wilayah kabupaten dan kota, kata dia, berpeluang dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

BMKG, kata dia, akan terus melakukan pemutakhiran data terkait dengan potensi cuaca ekstrem melalui kanal-kanal informasi yang tersedia.

"Kami berharap warga mewaspadai potensi terjadinya banjir, tanah longsor atau pohon tumbang," ajaknya.

Dia menyebutkan, potensi cuaca ekstrem di tanggal 20 Agustus, berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Di hari berikutnya, 21 Agustus cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara di tanggal 22 Agustus, kondisi cuaca serupa berpotensi terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG imbau warga Sulut waspadai cuaca ekstrem hingga 22 Agustus

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024