Sitaro (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, John H Palandung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan HUT RI ke-78 di Lapas Klass IIB Ulu Siau.

Dalam kesempatan itu pula, Wabup membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (KemenkumHAM RI), Yasonna H Laoly.

"Pemasyarakatan pada konsepsinya adalah sistem yang didalamnya proses, yang mana prosesnya harus dijalankan terus menerus, dalam upaya pengembalian, apakah itu tahanan atau narapidana ke masyarakat. Ini ada tugas mulia untuk kawan-kawan, memberikan nilai-nilai sosial dan keterampilan, sehingga mereka nantinya bisa diterima kembali ke masyarakat," kutip wabup, untuk petugas Lapas.

Untuk warga binaan dalam sambutan menteri, berpesan agar dapat berperan aktif mengikuti segala bentuk pembinaan, mematuhi setiap hukum yang berlaku dan mentaati tata tertib di Lapas.

"Sehingga dapat menjadi bekal mental positif saat tiba waktunya nanti, saudara kembali ke masyarakat," pesan menteri dalam sambutan tersebut.

Selain itu, dia berpesan dalam peringatan Kemerdekaan RI Ke-78, menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan.

"Dan sebagai pengayom masyarakat, mendorong peningkatan kinerja serta dapat menciptakan inovasi serta kreatifitas dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik serta menghindari perbuatan yang merusak nama baik institusi pemasyarakatan," jelasnya.

Wabup yang didampingi Sekda Sitaro, Denny D Kondoj dan Kalapas Ulu Siau Stady Umboh membagikan lembar putusan pemberian remisi kepada sejumlah warga binaan.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024