Tomohon (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyebut parade kendaraan hias 'Tournament of Flower' (ToF) di Kota Tomohon, akan mengangkat pariwisata di daerah itu.

"Pemerintah provinsi memberikan apresiasi atas peran semua pihak sehingga Tournament of Flower ini bisa terselenggara," kata Gubernur saat memberikan sambutan pada parade kendaraan hias, salah satu 'Side Event' Festival Bunga Internasional Tomohon atau 'Tomohon International Flower Festival', Sabtu.

Gubernur menyebutkan, selain wisatawan mancanegara maupun domestik, hajatan tahunan Kota Tomohon tersebut ikut dihadiri sebanyak 42 duta besar negara sahabat.

"Terima kasih untuk dukungan tersebut. Selamat menikmati keindahan Kota Tomohon selama berada di sini," ajak Gubernur Olly.

Gubernur Olly optimistis, pemulihan sektor pariwisata akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah dan masyarakat juga memberikan apresiasi kepada Ketua DPR-RI, ibu Puan Maharani yang di tengah kesibukannya bisa membuka kegiatan ini," ujar Olly.

Semoga dukungan masyarakat Kota Tomohon untuk Ketua DPR-RI tersebut semakin hangat dan semakin bersaudara, katanya.

Gubernur Olly mengatakan, di tahun 1957 kakek Ibu Puan, yakni Presiden Soekarno, pernah datang di Tomohon, di tahun 2016 Ibu Megawati Soekarnoputri, juga pernah datang, dan di tahun 2023 yang datang langsung ibu Puan Maharani.

Gubernur Sulut ke-12 tersebut mengatakan, suksesnya penyelenggaraan TIFF tahun 2023 tidak bisa dipisahkan dari harmonisasi dan kondusifitas yang dibangun masyarakat dan para pemangku kepentingan.

"Kota Tomohon oleh berbagai lembaga menyebutkan Tomohon sebagai kota toleran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Gubernur. 

Usai acara pembukaan, sebelum parade kendaraan hias diawali dengan dengan tarian kolosal sebanyak 400 siswa, tarian tersebut mengangkat tema kesuburan tanah di kota yang diapit Gunung Lokon dan Gunung Mahawu serta keuletan petani bercocok tanam.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024