Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna meningkatkan pengetahuan dan teknologi serta keimanan para siswa madrasah.

Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe, di Manado, Jumat, mengatakan dengan kompetisi ini madrasah diharapkan dapat memupuk motivasi bagi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang IPTEK, sehingga pada gilirannya siswa madrasah sebagai generasi penerus bangsa ini mampu mengembangkan antara Iptek dan Imtaq.

Madrasah, katanya, harus jadi representasi dari lembaga pendidikan yang menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan. 

Ia menjelaskan KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuh kembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik.

Kakanwil menjelaskan dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas serta menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

KSM, katanya, menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains.

Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama

Menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah dan menjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi pada level yang lebih tinggi. 

Dengan memahami tujuan KSM ini Mudah-mudahan semua pihak menjadi memiliki rasa cinta, bangga terhadap Madrasah.

Acara pembukaan dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh peserta dari Madrasah Kabupaten/kota se-Sulut.

Hadir Kabid Pendis Ahmad Sholeh mengatakan KSM akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal (5-6/8/2023) di titik lokasi daerah masing-masing kabupaten dan kota se-Sulut.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024