Manado (ANTARA) - Upaya menekan angka stunting di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Ulu Siau sebagai instansi vertikal tergerak dan berinisiatif untuk menjadi orang tua asuh bagi balita yang mengalami stunting.

 Secara resmi hari ini, Selasa, diserahkan SK orang tua asuh dari Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang juga merupakan Wakil Bupati John Palandung, dan diterima langsung oleh Kepala Lapas Ulu Siau, Stady Umboh.

Stady Umboh mengatakan pemantauan kondisi anak stunting secara langsung telah dilakukan dalam kegiatan touring dan bakti sosial pengentasan stunting dalam rangka Hari Kemenkumham yang dilaksanakan pada Jumat (28/7).

Namun berlanjut menjadi komitmen bersama untuk menjadi orang tua asuh, yang akan memantau secara intensif pertumbuhan dan perkembangan, sampai anak dinyatakan lulus stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kelahiran.

Percepatan penurunan stunting pada Balita merupakan program prioritas Pemerintah sebagaimana tercantum dalam RPJMN 2020-2024, dimana target nasional pada tahun 2024.

 "Sebagai Instansi vertikal kami tergerak untuk turut berkontribusi menekan angka stunting, dan menyadari bahwa masalah stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama, karena dengan kerja sama yang baik, penurunan angka stunting dapat efektif dilakukan," kata Stady.

Wakil Bupati John Palandung menyambut  baik niat Lapas Ulu Siau dalam kepedulian terhadap masalah stunting.

 “Menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan partisipasi dari pada Kepala Lapas Klas IIB Ulu Siau yang hari ini secara resmi terlibat langsung membantu kami pemerintah daerah dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Sitaro," katanya.

Dia menambahkan diharapkan mungkin ada SKPD lain dan instansi vertikal yang belum terlibat langsung dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting, Kami harapkan kedepan Bisa bergabung dengan Kami Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024