Tomohon (ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan 391 ribu tangkai bunga Krisan untuk pelaksanaan "Tomohon International Flower Festival (TIFF)" pada Agustus 2023.

"Itu khusus untuk TIFF pada saat parade kendaraan hias," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Tomohon Karel Lala di Tomohon, Senin.

Sebanyak 391 ribu tangkai bunga ini, kata dia, di luar kebutuhan Krisan lokal yang ada di berbagai kios bunga.

"Ada kelompok tani yang tanam 15 ribu tangkai misalkan, tapi yang akan digunakan untuk TIFF dilaporkan 10 ribu tangkai. Sisanya untuk kebutuhan lokal," katanya.

Berbagai kelompok tani yang menyediakan bunga Krisan ini, nantinya dikontrak termasuk di dalamnya harga setiap tangkai.

"Diperkirakan kendaraan hias yang akan mengikuti parade ada sebanyak 26-30 kendaraan. Kami perkirakan sebanyak 391 ribu tangkai yang kami siapkan melalui kelompok tani bisa memenuhi kebutuhan kendaraan hias," ujarnya.

Biasanya, kata dia, petani menjual setiap tangkai Krisan sebesar Rp3.500, namun besarannya akan ditentukan ketika sudah menandatangani kontrak.

Dia optimistis pelaksanaan "Tomohon Festival Bunga Internasional" ini akan memberikan dampak ganda untuk sektor-sektor terkait, termasuk di dalamnya kesejahteraan petani bunga.

"Pasti (petani bunga, red.) akan mendapatkan manfaat dari pelaksanaan festival bunga ini," ujarnya.

Setelah sempat jeda karena pandemi COVID-19, tahun ini festival bunga kembali digelar mulai 8 Agustus 2023, sebagai ajang kedua setelah pandemi.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024