Minahasa, (ANTARA Sulut) - Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw menghadiri festival anti korupsi dilaksanakan di Yogyakarta.

"Peringatan hari antikorupsi se dunia dan pembukaan festival antikorupsi 2014 digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi RI pada Selasa 9/12 di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta," kata Humas dan Protokol Pemkab Minahasa Agustivo Tumundo di Tondano, Rabu.

Kegiatan yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo ini, diawali prakata Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan laporan Ketua KPK Abraham Samad, dihadiri juga para menteri, pimpinan lembaga negara dan sejumlah kepala daerah dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa salah satu upaya yang paling efektif dalam memberantas korupsi yaitu membangun sistem yang mudah dikontrol dalam bentuk e-budgeting.

Selain membangun sistem antikorupsi perlu adanya perubahan pola pikir masyarakat, disamping membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat, kata Presiden.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Minahasa bersama Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang terundang khusus, beramah-tamah dengan pimpinan KPK dan sejumlah menteri dan memberikan masukan dan ide menarik dalam upaya pemberantasan korupsi di negara ini.

Menteri Pendidikan Nasional Anies Baswedan sangat respontif atas masukan dan ide cermerlang Bupati Minahasa ini, sehingga bakal mengundang khusus bupati yang mantan guru dan kepala sekolah ini dalam pertemuan digelar kementerian.

Dalam festival antikorupsi ini, Pemkab Minahasa turut berpartisipasi membuat stand pameran.

Seusai acara pembukaan kegiatan ini, Bupati Minahasa didampingi Inspektur Frits Muntu, Kepala Bapelitbangda Jacky Walukow, Kadis Dukcapil Reviva Maringka, Kakan KPPT Grace Maindoka, Ketua LPSE Yonathan Kaunang, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo dan beberapa kabid lainnya melakukan peninjauan stand.

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024