Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) mengembangkan koperasi, khususnya sektor riil di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Koperasi dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) diyakini mampu meningkatkan ekonomi daerah maupun nasional," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Selasa.

Dia mengatakan koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya.

Maurits mengatakan sesuai arahan Menteri Koperasi dan UMKM, Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. 

Ia menjelaskan untuk sejahterakan anggota, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan anggota.

Hal ini inti dari koperasi sebagai perusahaan dimana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasanya.

Majunya usaha koperasi akan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, bila hal itu tidak terjadi, bukan teorinya yang salah, namun prakteknya yang keliru dan harus diluruskan.

Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024