Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman menyebut tidak masalah Polri memiliki pesawat terbang selama penganggaran yang dilakukan sehat.

"Yang pasti sudah ada mekanisme penganggaran yang sehat yang sudah terlaksana sampai saat ini," kata Habiburokhman di sela-sela acara Hoegeng Award di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat malam.

Politisi Partai Gerindra menilai selama organisasi Polri membutuhkan pesawat terbang untuk keperluan dinas tidak jadi persoalan.

Ia menyebut dalam penganggaran pesawat terbang Polri tersebut ada mekanisme penganggaran, pengawasan sehingga tidak menjadi hal yang perlu dipersoalkan.

"Kalau operasi kan kadang-kadang butuh mobilisasi pasukan dengan cepat, kalau menunggu pesawat yang reguler, misalnya, enggak gampang gitu-loh," tuturnya.

Ia pun juga tidak mempermasalahkan jika kebutuhan pesawat terbang itu ditambah jumlahnya, sepanjang Polri memiliki anggaran untuk membelinya.

Habiburokhman mengajak semua pihak melihat secara umum terkait kepemilikan pesawat terbang Polri, tidak mengkaitkan-nya dengan kondisi reserse yang kekurangan anggaran dalam mengungkap perkara.

Ia pun menilai sudah proporsional Polri memiliki pesawat terbang selama itu dibutuhkan dalam hal darurat (urgent).

"Proporsional aja, selama dibutuhkan kok, misalnya, ya untuk banyak hal ada banyak kekurangan kalau urgent kalau dibutuhkan tidak ada masalah," ucapnya.

Habiburokhman mengatakan hampir semua polisi di dunia memiliki armada pesawat terbang untuk kendaraan operasional-nya, bahkan memiliki pesawat jet pribadi. Sehingga pesawat terbang Polri adalah hal yang wajar.

"Wajar, kalau anda lihat polisi seluruh dunia bukan hanya pesawat private jet mereka punya kok, untuk sesuatu yang urgent di banyak negara, tidak ada masalah, itu-kan bukan buat pribadi, untuk kedinasan," papar Habiburokhman.

Sebelumnya, Polri membeli pesawat bekas produksi tahun 2019 dari perusahaan berkedudukan di Dublin, Irlandia, senilai Rp995 miliar. Pesawat terbang (Fixed Wing) Boeing 737-800NG dengan registrasi P-7301, transportasi pimpinan dan angkut double engine type Z.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Habiburokhman sebut penganggaran pesawat Polri sudah sehat

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024