Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) tingkatkan bakat sains dan teknologi para santri lewat pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, Nurtitin Miolo, Selasa, mengatakan tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mendorong minat dan bakat siswa dalam bidang sains dan teknologi.

Sehingga, katanya, dapat berkreasi serta memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spritual.

"Semoga peserta yang lolos dari Boltim nantinya dapat membawa nama baik hingga Nasional,” katanya.

Dia menghadapi pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten pihaknya meminta Tim Komite KSM Kabupaten agar mematangkan persiapan.

“Menghadapi pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten, saya telah meminta kepada komite KSM Kabupaten agar segera mempersiapkan segala hal baik peralatan komputer, tempat pelaksanaan dan segala kemungkinan lainnya yang berpotensi mengganggu pelaksanaan KSM nantinya,” ucap Miolo, di Boltim, Selasa.

Dia mengatakan titik lokasi pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dibagi ke dalam dua wilayah, yakni wilayah pegunungan MTsN 1 Boltim dan wilayah pesisir MTsN 3 Boltim.

Kasi Pendis juga berharap peserta yang lolos nantinya dapat membawa nama baik madrasah dan kabupaten hingga ke nasional.

Diketahui, Pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten secara nasional pada tanggal 8-10 Juli 2023 dan diawali dengan simulasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-7 Juli 2023.

Adapun peserta dari madrasah yang telah terdaftar mengikuti KSM Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berjumlah 49 siswa dengan rincian Madrasah Ibtidaiyah 8 peserta, Madrasah Tsanawiyah 30 peserta dan Madrasah Aliyah 11 peserta.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024