Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Royke Roring menargetkan seluruh pekerja di daerahnya menjadi anggota  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) sehingga bisa dilindungi oleh penyelenggara jaminan sosial tersebut.

"Kami menargetkan untuk mencapai "universal worker coverage/UWC)" atau perlindungan secara menyeluruh pekerja di Kabupaten Minahasa," kata Royke, di Manado, Minggu.

Royke mengatakan, pihaknya bersama hukum tua se-Kabupaten Minahasa mengunjungi langsung Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin di Jakarta.

Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK, kata Bupati, mengatakan mengapresiasi Pemkab Minahasa telah mendukung pelaksanaan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah ini.

Apalagi, Pemkab Minahasa telah berinovasi dalam memberikan perlindungan terhadap tenaga non aparatur sipil negara (ASN) maupun pekerja rentan melalui ekosistem desa, ASN peduli dan program mapalus.

Kepala BPJAMSOSTEK Sulut, Sunardy Syahid menyatakan  Pemkab Minahasa telah memberikan perlindungan pekerja rentan desa dalam program BPJAMSOSTEK. Saat ini sebanyak 16.777 pekerja rentan desa di Kabupaten Minahasa telah dilindungi.

Dengan dilindunginya pekerja rentan desa di 227 desa yang ada di Kabupaten Minahasa berdampak pada meningkatkan cakupan kepesertaan BPJAMSOSTEK di Kabupaten Minahasa.

Dia mengatakan dari 132.104 potensi pekerja atau yang ditargetkan untuk mendapat perlindungan BPJAMSOSTEK, saat ini sebanyak 100.841 pekerja atau 76 persen sudah ter-"cover" program BPJAMSOSTEK.

Dari hasil diskusi Bupati Minahasa dan Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK saat audiensi bersama camat dan para kepala desa disepakati untuk segera mengambil langkah konkret untuk melindungi sekitar 30 ribu pekerja yang belum ter-"cover".

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) teknis dan kepala desa untuk memastikan satu desa mendaftarkan minimal 100 pekerja rentan di desa dan melakukan validasi data untuk memastikan tidak ada data ganda.

Pada akhir kegiatan tersebut BPJS Ketenagakerjaan memberikan piagam penghargaan kepada Kabupaten Minahasa yakni untuk perlindungan pegawai Non ASN 4.645 tenaga kerja, pekerja rentan 15.000 tenaga kerja dan pekerja rentan desa 16.777 tenaga kerja dalam program BPJAMSOSTEK yang diterima langsung oleh Bupati Minahasa.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024