Manado (ANTARA) - Ketua DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Manado, Natanael Pepah mengatakan Generasi Berencana (Genre) akan menuju generasi emas berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Remaja harus berani mengatakan tidak kepada pergaulan buruk," kata Natanael Pepah, di Manado, Rabu.

Natanael mengatakan Kegiatan Fasilitas Forum Generasi Berencana (Genre) Provinsi Sulawesi Utara sangat penting untuk dilakukan.

"Remaja harus dibiasakan diri melakukan hal-hal positif, agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, tindakan kekerasan, pergaulan yang tidak sehat secara sosial atau emosional, dan perilaku menyimpang lainnya," katanya.

Lanjut Natanael, dengan terus melakukan hal positif akan lebih memiliki masa depan yang baik.

"Pahami bahwa setiap tindakan kecil yang kita lakukan dalam menjaga kebiasaan baik memiliki dampak yang besar pada di masa depan kita serta pada tujuan yang kita tetapkan," pungkas Natan.

Dia menjelaskan remaja sejatinya adalah harapan semua bangsa, negara-negara yang memiliki remaja yang kuat, kecerdasan spiritual, intelektual serta emosional yang kuat menjadikan bangsa tersebut kelak akan kuat pula.

Perkembangan dunia yang kian mendunia, menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya.

Remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri.

Menjalani kehidupan remaja yang jauh dari perilaku seks bebas, pernikahan dini dan ketergantungan pada obat-obatan terlarang serta menjauhkan diri dari bahaya AIDS tentulah membutuhkan perhatian kita semua.

Remaja tidak bisa berjalan sendirian tanpa pendampingan orang tua, masyarakat lingkungan serta negaranya.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala BKKBN Perwakilan Sulut Tino Tandaju, Perwakilan Pemerintah Kota Manado, Camat Malalayang dan jajaran BKKBN dan juga para Duta Genre se-Sulut.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024