Manado,  (ANTARA Sulut) - Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) Yayan Suparyan mengatakan pihaknya menjual beras jenis premium untuk memenuhi permintaan masyarakat yang diperkirakan meningkat dalam menghadapi Natal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 1 Januari 2015.

"Selain menyalurkan beras miskin (raskin) Bulog juga menjual beras premium dengan kualitas super," kata Yayan di Manado, Jumat.

Ia mengatakan di Sulut, biasanya menjelang perayaan hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru, akan terjadi peningkatan permintaan sejumlah kebutuhan pokok terlebih beras. Untuk mengantisipasi hal tersebut Bulog melakukan penjualan beras premium tersebut.

"Beras premium selain berada di Bulog Mart, juga di sejumlah pasar tradisional di Kota Manado dan sekitarnya," katanya.

Dia mengatakan, permintaan beras premium menjelang Natal dan Tahun Baru serta hari besar agama lainnya, biasanya sangat tinggi. Karena itu Bulog menyiapkan stok guna memenuhi kebutuhan akan beras tersebut.

"Masyarakat Sulut lebih memilih beras premium ketimbang beras medium saat hari raya, dan stok di Bulog mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama Desember hingga awal Februari 2015," katanya.

Sementara menyangkut harga jual beras premium, katanya, akan disesuaikan dengan harga pasaran untuk jenis ini.

Beras ini tidak disubsidi, karena memang murni diadakan guna menjawab tingginya permintaan masyarakat terhadap beras kualitas terbaik.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengatakan, kesiapan Bulog memasok beras kualitas premium sangat membantu stabilisasi harga beras di pasaran.

"Gejolak harga beras biasanya terjadi di saat permintaan tinggi, dan setiap bulan Desember permintaan beras sangat tinggi, dampaknya harga berpotensi naik, namun masuknya beras impor kelas premium dari Bulog, diperkirakan bisa menahan laju kenaikan harga," katanya.

Beras premium yang dipasok pedagang dan saat ini banyak beredar di pasaran Kota Manado dan daerah lainnya di Sulut, yakni superwin dengan harga pasaran saat ini berkisar Rp9.000- Rp10.000 per kilogram (Kg).


Pewarta :
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024