Manado,  (ANTARA Sulut) - Pemerintah Manado mensinergikan program pembangunan kelautan, dengan Pemerintah Pusat poros maritim untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Program Presiden yaitu poros maritim itu, sangat baik, sebab Indonesia memiliki luas laut yang lebih besar dibandingkan dengan daratan, sebab depositnya sangat besar, maka Manado juga bertekad meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memanfaatkan lautan," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Kamis.

Vicky mengatakan, selain kota pesisir pantai, Manado juga memiliki tiga pulau yakni Bunaken, Manado Tua dan Siladen, dimana penduduknya adalah nelayan, maka langkah pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraannya adalah dengan memperbaiki berbagai infrastruktur di wilayah tersebut.

"Mulai dari dermaga, tempat tambatan perahu, hingga jalan penghubung di pulau-pulau tersebut, akan ditingkatkan," katanya.

Ia menyebutkan, salah satu langkah yang sudah dibuat Pemerintah Kota adalah dengan membangun jalan lingkar di Pulau Manado Tua, serta akan membangun penghubung antara ketiga pulau tersebut, lainnya sedang dalam program untuk dilaksanakan.

Vicky mengatakan, pemerintah juga memikirkan untuk membuat lokasi aman bagi nelayan untuk menambatkan perahunya, agar saat gelombang tinggi, dan angin kencang maka perahu yang merupakan sarana melaut aman, tidak rusak, selain akan memperbaiki dermaga di wilayah tersebut yang masih darurat.

"Karena sebagai daerah yang memiliki wilayah laut, dimana sebagian masyarakatnya juga hidup dari laut dan bermata pencaharian sebagai nelayan, juga mendukung program tersebut, untuk menggali potensi yang ada di laut," katanya.

Ia mengakui memang jika dibandingkan dengan kondisi penduduk di wilayah daratan, keadaan di pulau-pulau itu relatif tertinggal dari berbagai sisi, sehingga harus diberikan perhatian lebih.

Menurutnya dengan program utama Presiden Joko Widodo dan pemerintahan yang sekarang poros maritim, dimana tol laut menjadi salah satu contohnya, maka Manado akan terus mengembangkan wilayah lautnya.

Bukan hanya di pulau-pulau saja, tetapi nelayan di wilayah Manado daratan juga mendapat perhatian ekstra, agar kesejahteraannya meningkat, dan nantinya bisa menggali potensi laut untuk kehidupan yang lebih baik

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024