Manado (ANTARA) - Ketua Tim Seleksi bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara, Viktory NJ Rotty mengatakan, lima calon anggota KPU terpilih tinggal menunggu pelantikan.

"Tahapan selanjutnya adalah tinggal menunggu pelantikan, kapan jadwal pelaksanaannya, nanti ditentukan KPU RI," sebut Viktory di Manado, Senin.

Dia menambahkan, pada prinsipnya tim seleksi dibentuk untuk membantu KPU RI mencari pemimpin kepemiluan di daerah khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

"Kita mencari calon komisioner KPU provinsi yang berkarakter nasional, tetap, dan mandiri," ujarnya.

Karena itu menurut dia, prinsip-prinsip dasar penyelenggara, tahapan-tahapan seleksi dan pengumuman sudah dilakukan, selanjutnya masih menunggu pelantikan.

"Mungkin tanggal 24 Mei ini dilantik, tapi sekali lagi tergantung KPU RI," katanya.

Lima calon anggota KPU Sulut yang diumumkan KPU RI yaitu Awaludin Umbola, Kenly Meydi Poluan, Lanny Anggriany Ointu, Meydi Yafeth Tinangon dan Salman Saelangi.

Dari kelima calon tersebut, tiga di antaranya adalah incumbent masing-masing Meydi Yafeth Tinangon, Anggriany Ointu, dan Salman Saelangi.

Kelima calon anggota KPU Sulut terpilih tersebut diumumkan bersama provinsi lainnya berdasarkan surat KPU RI Nomor: 51/SDM.12-Pu/04/2023 tentang Calon Anggota KPU Provinsi Terpilih Pada 20 Provinsi Periode 2023-2028.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024