Manado (ANTARA) - Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 mendorong Pasar tradisional Tomohon, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masuk Tokopedia.

Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Marwadi, di Manado, Senin, mengatakan pembukaan FEKDI 2023 di Sulut diawali dengan launching Pasar Rakyat Digital Beriman Tomohon di platform Tokopedia.

"Program ini merupakan hasil sinergi antara Bank Indonesia, PD Pasar Tomohon, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon, dan PT Tokopedia," kata Mawardi.

Dia mengatakan tentunya dengan diluncurkannya Pasar Rakyat Digital Beriman Tomohon di Tokopedia dapat mendorong digitalisasi serta inklusivitas keuangan di Kota Tomohon.

"Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara berharap melalui kegiatan hari ini dapat memberikan inspirasi dan semangat baru bagi kita semua untuk terus bersinergi dan mendukung pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Provinsi Sulawesi Utara," katanya pula.

Bank Indonesia bersama Kementerian Perekonomian kembali menyelenggarakan FEKDI 2023 pada tanggal 7-10 Mei 2023 di Hall B, Jakarta Convention Center, dengan mengangkat tema “Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth”.

FEKDI 2023 yang merupakan bagian dari rangkaian acara Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 pada jalur keuangan, menjadi ajang etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Perekonomian dengan didukung oleh Kementerian/Lembaga, 4 Bbank sentral negara ASEAN, dan industri, guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini, katanya, sejalan dengan agenda prioritas digital economy dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, yang berfokus pada kemajuan konektivitas sistem pembayaran, literasi, serta inklusi keuangan digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

FEKDI 2023 hadir setiap hari dari tanggal 7-10 Mei 2023 secara hybrid, dengan ragam bahasan dan diskusi perkembangan ekonomi dan keuangan digital oleh otoritas, pelaku industri, akademisi dan lembaga internasional, serta berbagai showcasing yang menampilkan berbagai produk dan inovasi, implementasi kebijakan serta pencapaian dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Sebelumnya juga telah dilakukan berbagai kegiatan pre-event FEKDI di 46 wilayah di Indonesia.

Masyarakat dapat memperoleh informasi lengkap serta mengikuti sesi diskusi dan hadir dalam FEKDI 2023 secara virtual dengan mengunjungi laman www.fekdi.co.id.

Kegiatan Nonton Bareng FEKDI 2023 juga dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada kegiatan pembukaan FEKDI di hari Senin, 8 Mei 2023 yang dihadiri oleh stakeholders di Sulut, antara lain pemda, PJP Perbankan dan Non Perbankan, Perwakilan PD Pasar di Sulut, akademisi, GenBI, media, dan stakeholders terkait lainnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: FEKDI 2023 mendorong Pasar Tomohon masuk Tokopedia

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024