Manado (ANTARA) - Elly Engelbert Lasut, menjadi sosok yang paling disukai sebagai calon gubernur Sulawesi Utara (Sulut), berdasarkan publis survei terbaru dari indikator, yang menanyakan jika pemilihan dilakukan saat ini siapa yang paling disukai.

Ketua DPC PD Manado, Noortje Van Bone, mengatakan, lembaga survei (LS) indikator melakukan survei  pada periode 10 - 15 April 2023, menempatkan nama Bupati Talaud itu, pada urutan pertama sebanyak 19,6 persen dari 138 responden, disusul oleh Olly Dondokambey pada urutan dengan persentase 10,6 persen, lalu Steven Kandouw 8,5 persen, disusul Adriana Dondokambey 6,5 persen, lalu ada tokoh muda Hilary Lasut 6,3 persen dan Tetty Paruntu 5 persen.

"Selain Elly Lasut, nama tokoh muda Hilary Brigita Lasut, yang saat ini menjabat sebagai legislator senayan, secara mengejutkan masuk dalam jajaran lima besar calon yang paling tinggi dan disukai, adalah sebuah kejutan," kata Van Bone.

Didampingi Bidang Pendidikan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan, Brilian Charles, Van Bone menjelaskan, bahwa sebagai partai dimana Elly Lasut menjadi ketua DPD Sulut, tentu saja PD Demokrat terus melakukan konsolidasi untuk mendukung calonnya.

Selain itu, yang mengejutkan adalah masuknya nama Hilary Lasut sebagai salah satu yang disebut-sebut masuk di bursa nama tersebut. Mengingat dia masih muda dan justru masuk dengan para politikus senior.

Sedangkan dalam survei semi terbuka ada 18 nama yang masuk daftar, dengan prosentase yang menempatkan Elly Lasut tetap ada urutan pertama dengan peroleh suara sebanyak, nama-nama itu adalah Elly Lasut 26,6 persen, Adriana Dondokambey 12,8 persen, Hilary Lasut 12 persen, Steven Kandouw 10,9 persen, Tety Paruntu 5,9 persen, Vicky Lumentut 5,5 persen, tatong Bara 4,7 persen, James Sumendap 3,9 persen, Benny Mamoto 2,4 persen.

Kemudian disusul Felly Runtuwene 1,7 persen, Max lomban 1,2 persen, Hein Arina 0,9 persen, Andi Silangen 0,8 persen, Djendry Keintjem 0,4 persen, Roy Roring 0,3, Ary lasut, 0,3 persen, Yasti Soepredjo 0,3 persen, Ronny Sompie 0,2 persen, lainnya 0,9 persen dan rahasia 7,7 persen.

Sedangkan untuk simulai empat nama, Elly Lasut tetap berada di urutan pertama dengan 33,2 persen, disusul Hilary Lasut 19,3 persen, Steven Kandouw 17,8 persen dan Adriana Dondokambey 15,8 persen.

Meski melihat hasil survey yang baru saja dipublikasikan itu, dia mengatakan demikian Van Bone mengatakan, yang pasti saat ini demokrat Manado terus melakukan berbagai persiapan menjelang pelaksanaan pemiluhan umum, termasuk terus melakukan konsolidasi dan bimbingan teknis bagi para bakal calon legislator yang akan didaftarkan ke KPU.  
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024