Manado, 28/10 (Antara Sulut) - Laksamana Pertama TNI Sulaeman Bandjar Nahor menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado menggantikan Laksamana Pertama TNI Raja Morni Harahap.

Serah terima jabatan itu dilakukan Panglima Koarmatim Laksamana Muda TNI SM Darojatim, dalam suatu upacara militer di Manado, Selasa.

Laksamana Muda TNI SM Darojatim mengatakan, serah terima merupakan tuntutan kebutuhan organisasi dihadapkan dengan tantangan pelaksanaan tugas.

Serah terima jabatan juga merupakan bagian dari pembinaan personel yang memberikan kesempatan bagi para perwira untuk mengembangkan karir dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.

"Dengan serah terima jabatan diharapkan dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja baik bagi organisasi maupun personel yang bersangkutan," katanya.

Dia mengatakan, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) adalah komando pelaksana dukungan (kolakduk) yang merupakan salah satu komponen kekuatan sistem senjata armada terpadu (SSAT).

Lantamal memiliki tugas menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi dan dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI AL.

Melaksanakan operasi, dan pemberdayaan potensi maritim serta tugas tambahan, membantu menyelenggarakan dukungan fasilitas pangkalan bagi kesatuan non TNI AL yang melaksanakan operasi di wilayahnya.

Sebagai komando pelaksana dukungan, Lantamal memiliki peranan yang sangat penting dalam pencapaian tugas Koarmatim.

Operasi laut tidak akan berjalan dengan optimal, tanpa diimbangi oleh aspek dukungan yang baik guna menempatkan kedudukan Lantamal seperti yang diharapkan.

"Fungsi Lantamal yang mengemban fungsi dukungan satuan operasi, fungsi keamanan laut maupun fungsi pemberdayaan matra laut harus terus dibina dan ditingkatkan kemampuannya," katanya.

Laksamana Pertama TNI Raja Morni Harahap selanjutnya menjabat Direktur Wilayah Pertahanan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI.

Sedangkan Laksamana Pertama TNI Sulaeman Bandjar Nahor sebelumnya menjabat Inspektur Operasi dan Latihan Inspektorat Jenderal Angkatan Laut Mabes TNI AL.

Hadir pada acara itu antara lain Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Sarundajang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta sejumlah pejabat TNI dan sipil di daerah itu . @antarasulut.com

Pewarta : Oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024