Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Edwin Roring pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII mengatakan, pemerintah daerah terus berkomitmen meningkatkan kinerja memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Hari Otonomi Daerah adalah momentum penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Sejak diberlakukan undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, otonomi daerah telah menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan daerahnya," sebut Sekdakot Edwin di Tomohon, Jumat. 

Melalui otonomi daerah, pemerintah daerah dapat mengembangkan potensi daerahnya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan pembangunan daerah. 

"Sebagai salah satu kota di Indonesia yang telah merasakan manfaat dari pemberlakuan otonomi daerah, Kota Tomohon berkomitmen terus meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ujarnya. 

Otonomi daerah sebagai instrumen untuk mencapai Indonesia yang maju dan unggul tidak dapat dipisahkan dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di setiap daerah.

Saat ini, Kota Tomohon tengah memasuki tahapan yang penting dalam upaya memajukan perekonomian daerah melalui pengembangan potensi pariwisata, pertanian dan perindustrian. 

Dalam menghadapi persaingan global, Tomohon harus mampu bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia dan dunia, ujarnya. 

"Kita menyadari bersama bahwa masih ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pembangunan di Kota Tomohon. Kita perlu bersama-sama membangun sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat dan sektor swasta untuk memajukan daerah kita," ajak Edwin. 

Menurut dia, optimalisasi potensi daerah seperti pariwisata, pertanian, perindustrian, serta sektor lainnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan  pembangunan daerah. 

"Berbagai upaya sementara dan akan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di kota ini di antaranya peningkatan kualitas SDM, pengembangan infrastruktur dan penerapan teknologi informasi. Hal untuk demi memastikan bahwa masyarakat Kota Tomohon dapat merasakan manfaat dari otonomi daerah yang diberikan," katanya menambahkan.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024