Manado, 21/10 (Antara) - Tim kesenian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa memukau warga kawanua yang tinggal di Amerika Serikat dalam acara "Minahasa Night" memperingati HUT ke-35 Maesa New York.

"Wagra Kawanua di Amerika Serikat sangat senang dan terharu akan penampilan tarian maupun musik yang mengingatkan kampung halamannya," kata Bupati Kabupaten Minahasa Jantje Wowiling Sajouw, melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa, Agustifo Tumundo, di Tondano, Selasa.

Ia menyampaikan apresiasi atas inisiatif pimpinan Maesa New York yang mempertemukan warga kawanua dari berbagai negara bagian di Amerika ini.

Dia mengharapkan agar momentum acara Minahasa Night ini akan menyatukan komitmen dan membawa harapan baru dalam suatu ikatan emosional persaudaraan dan kekeluargaan sebagai warga kawanua dari tanah Minahasa.

Bupati Minahasa juga memberikan satu set alat musik Kolintang kepada Maesa New York dan menyerahkan cinderamata miniatur Rumah Adat Minahasa kepada Konjen RI Gafur Dharmaputera.

Dalam acara tersebut, Tim Kesenian Pemkab tampil dengan Kolintang, Paduan Suara dan Musik Bambu, Wulan Waraney Minahasa dengan tarian Maengket dan Solo oleh Gaby Sajow.

Puncak acara berupa atraksi Kolintang pimpinan Bupati JWS yang tampil memukau dengan lagu Mars Minahasa, Unggenang, Mawole-wole Mokan dan Sapa suruh datang Jakarta.

Acara yang dihadiri oleh Konsul Jenderal RI di New York Gafur Dharmaputera dan isteri, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan ibu Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi dan ibu Seeve Korengkeng-Warouw, beberapa pejabat Pemkab Minahasa, Ketua BPMS GMIM Pdt Dr HWB Sumakul.

Ketua PP KGPM Pdt Teddy Batasina, Ketua Maesa New York Jeffry Malonda, Ketua Panitia Freddy Setlight, para tokoh Kawanua di Amerika diantaranya Robert Mewengkang, Pdt Harry Wotulo, Pdt Herby Moningka, Pdt Olga Assa, John Mewengkang, Marco Mumbunan, Hendrik Dengah, Alferd Tumundo.

Acara yang diawali ibadah dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Maesa New York Jeffry Malonda, sambutan Konjen RI Gafur Dharmaputera dan sambutan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow.

Acara "Minahasa Night" memperingati HUT ke-35 Maesa New York pada Sabtu (18/10) waktu setempat di Empire Meadowlands Hotel, New Jersey. ***3***

Biqwanto

(T.KR-NCY/B/B012/B012) 21-10-2014 17:45:55

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024