Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara mendukung Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dalam mempermudah warga mendapatkan darah untuk mendukung penanganan gangguan kesehatannya.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Bitung, Selasa, mengharapkan pengurus PMI Kota Bitung yang baru dilantik untuk masa bakti 2023-2028 mampu menyediakan darah saat dibutuhkan warga atau pasien.

Ia mengatakan bahwa mengurus PMI di daerah itu menjadi tantangan yang berat karena ketersediaan darah yang masih terbatas.

"Karena itu masih terbatas yang artinya data yang dimiliki masih minim," katanya.

Untuk itu, katanya, dibutuhkan profesionalitas dalam mengurus hal tersebut.

Ia juga mengatakan pentingnya PMI setempat membangun jaringan dan koordinasi dengan semua pihak agar lebih mudah mendapatkan stok darah.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah kota setempat selalu mendukung setiap kegiatan kemanusiaan PMI Kota Bitung.

"Mengenai dana hibah akan ditindaklanjuti, untuk itu perencanaannya diatur dengan baik agar tereksekusi dengan baik pula," ujar dia.

PMI Kota Bitung secara resmi dipimpin Rita Mantiri Tangkudung ditandai dengan pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Bidang Organisasi PMI Flora Kalalo, antara lain disaksikan wali kota, wakil wali kota, dan sekretaris daerah kota setempat.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024