Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp3 triliun dalam menghadapi Lebaran tahun 2023 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami menyiapkan sebanyak Rp3 triliun uang kartal untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2023," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Kamis.

Andry mengatakan hal ini dilakukan guna mengantisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

"Layanan penukaran perbankan Sulawesi Utara terdapat sebanyak 81 titik yang tersebar di kota Manado, kota Bitung, kota Tomohon, kota Kotamobagu, Kabupaten Kepukauan Sitaro (Siau), Kabupaten Kepulauan Sangihe (Tahuna), Kabuoaten Kepulauan Talaud (Lirung dan Melonguane).

Kemudian di luar dari titik-titik layanan sebelumnya, terhitung tanggal 28 Maret 2023 hingga 20 April 2023 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat keramaian (terminal, stasiun dan pusat pertokoan), dan kas keliling di pasar-pasar tradisional.

Titik-titik layanan kas keliling di lokasi tersebut di antaranya, Pasar Tuminting, pasar Bersehati, pasar Karombasan, Stasiun Bus trans Sulawesi (Malalayang), Kawasan Megamas dan Kantor Lama Bank Indonesia di wilayah pasar 45.

Hadir pula penukaran melalui kegiatan kas keliling di instansi-instansi seperti Kantor Gubernur Pemprov Sulut, KODAM XIII Merdeka, Kantor Walikota Pemkot Manado, Kantor LANTAMAL VIII, Kantor BRIMOBA Sulut, Kantor POLDA Sulut.

"Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR," jelasnya.

Semua program tersebut terpadu dalam SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2023 yang telah diluncurkan oleh Deputi Gubernur BI, Aida S Budiman, di Bank Indonesia pada tanggal 20 Maret 2023.

SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 2023.

 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024