Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara(Minut), Sulawesi Utara(Sulut) mengandalkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif guna meningkatkan  pertumbuhan ekonomi (PE) daerah.

"Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Minut potensinya sangat besar, karena itu akan terus kita kembangkan dengan inovasi baru," kata Bupati Minut, Joune Ganda di Airmadidi, Rabu. 

Dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024,  pariwisata dan ekonomi kreatif, katanya merupakan dua sektor prioritas.

Selain itu, kata Joune, optimalisasi daya saing perekonomian daerah dan peningkatan daya saing investasi daerah, juga sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi ke depan. 

Dia mengatakan menghadapi tantangan pembangunan yang dinamis, perlu untuk tetap konsisten pada visi dan misi Kabupaten Minut  2021-2026 yakni mewujudkan Minahasa Utara hebat, perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan berlandaskan iman dan gotong royong.

"Mari kita dukung pencapaian target-target pembangunan yang telah disepakati bersama, sehingga apa yang telah direncanakan menjadi dasar dalam pelaksanaan nantinya," katanya.

Dia mengatakan dalam mewujudkan prioritas pembangunan tentunya bukan hal yang mudah, namun dengan kerja sama yang baik dari seluruh pihak, optimistis prioritas ini akan tercapai.

Fokus prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa Utara tahun 2024 mengacu pada isu strategis dalam RKP Nasional dan RKPD Provinsi Sulut.

Sementara pendekatan yang dilakukan yakni dengan menggunakan pendekatan holistik -tematik, integratif dan parsial.  Fokus prioritas  secara umum diarahkan pada pembangunan infrastruktur secara adil, penanggulangan kemiskinan, pembangunan pertanian, perkebunan, perikanan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024