Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan penguatan moderasi beragama kepada tokoh agama dan aparatur sipil negara (ASN), di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya mengajak untuk terus bersikap moderat, karena pada dasarnya Moderasi Beragama adalah sejalan dengan ajaran setiap agama," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan semua agama mengajarkan kebaikan, untuk itu pimpinan agama memiliki peran strategis menjadi garda penting menyuarakan dan mengawal pentingnya hidup bertoleransi.

Di tangan tokoh agama, katanya, tanggung jawab ini dititipkan, bagaimana mengedukasi umat untuk terus memanifestasikan Moderasi Beragama.

Kakanwil mengatakan umat sangat menghormati para pemuka agama, untuk itulah kepercayaan inilah yang menjadi sangat penting dalam menyampaikan pesan-pesan agama.

Bagi Kakanwil, moderasi saat ini bukan lagi sebatas pemikiran, tetapi aksi dan peran agar masyarakat benar-benar menghayati nilai tersebut.

"Saya tidak lupa ucapan terima kasih bagi para tokoh agama yang telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan umat. Menjadi mitra Kemenag dalam mengawal program untuk masyarakat," jelasnya.

Kepada umat beragama, mantan Kakanwil Kemenag Maluku Utara ini berpesan untuk saling menghargai agama dan tata cara peribadatan umat masing-masing.

"Agar tercipta suasana kondusif dalam menciptakan stabilitas nasional yang menjunjung tinggi nilai kebangsaan dan mengedepankan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan," jelasnya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024