Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi cuaca ekstrem beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara hingga 19 Maret 2023 mendatang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat.

Warga diharapkan mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah.

Hari ini BMKG memperkirakan cuaca ekstrem di wilayah Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, serta Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Keesokan harinya hingga 19 Maret 2023 kondisi cuaca seperti itu diperkirakan terjadi di wilayah-wilayah seperti Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Begitupun dengan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

"Tetap waspada untuk warga yang bermukim di daerah rawan longsor, banjir bahkan pun pohon tumbang," ajaknya.

BMKG, menurut dia, terus menyajikan data terkini terkait dengan kondisi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah.

"Kami berharap informasi-informasi yang kami sajikan melalui kanal-kanal yang tersedia dapat diakses masyarakat dan para pemangku kepentingan di daerah," ajaknya.

Akhir Januari 2023 hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Kota Manado, serta Kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa. Akibatnya, rumah penduduk terendam banjir, tertimbun longsor, merusak fasilitas pemerintah hingga menelan korban jiwa.

Setelah Kota Manado, banjir dan tanah longsor juga merendam permukiman warga dan merusak infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Utara.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024