Bitung, 14/9 (Antara Sulut) - Sebanyak 69 Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Bitung, Sulawesi Utara, diberangkatkan ke Mekkah untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima.
Sekretaris Daerah Kota Bitung Edison Humiang melepas Keberangkatan CJH tersebut, yang dilaksanakan di Masjid Ribathul Qulup Kecamatan Maesa, Minggu.
"Pelaksanaan ibadah Haji ini merupakan bagian dari rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap kaum muslimin dan muslimat," ujar Humiang.
Tujuannya kata Humiang yakni Ibadah haji merupakan sebuah ibadah dari berbagai macam ibadah yang Allah wajibkan.
"Allah jadikan ibadah ini sebagai salah satu dari lima pondasi (rukun) yang dengannya akan tegak agama Islam ini, dan ibadah haji ini juga merupakan sebuah ibadah yang dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam," katanya menguraikan.
Dia berharap, Calon Jamaah Haji Kota Bitung untuk senantiasa selalu memperhatikan dan menjaga stamina serta kesehatan dan selalu berdoa agar diberi kemampuan dalam menjalankan ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah sehingga menjadi Haji yang Mabrur.
Dia juga berharap Calon Jamaah Haji selama di tanah suci untuk dapat mendoakan Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung agar selalu bersatu padu serta tetap aman dan damai dalam semangat kerukunan membangun Kota Bitung.
Pelepasan 69 calon Jamaah Haji Kota Bitung itupun ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan bendera sebagai bagian Rombongan Jamaah Haji asal Kota Bitung.
Turut hadir Kepala Kantor kementerian agama Kota Bitung, Ulias Taha, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), H Rusalan Abdul Gani, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Bitung, H Abdul Rahman Kaluku, Ketua Dewan Masjid, Ketua Panitia, H Basmi Said juga Para Anggota DPRD Kota Bitung, TNI/Polri dan sejumlah SKPD Pemkot Bitung serta Jamaah Masjid Kota Bitung.

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024