Manado (ANTARA) - Warga di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) antusias melakukan pendaftaran CR Code subsidi tepat sasaran khusus pengguna solar, di beberapa tempat yang disiapkan Pertamina.

"Di Sulut sampai saat ini sebanyak 35.000 kendaraan roda empat yang terdaftar dalam program subsidi tepat sasaran MyPertamina, untuk memperoleh QR Code, sebagai syarat pembelian solar subsidi," kata Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi, usai uji coba pembelian solar dengan menggunakan QR Code, di SPBU Politeknik Manado, Selasa.

Fahrougi mengatakan khususnya masyarakat di Kota Manado yang melakukan pendaftaran alami peningkatan 100 persen.

Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah pendaftar QR Code dalam 10 hari terakhir (11-21 Februari 2023), dimana dari angka awal sebanyak 5.000 pendaftar, naik menjadi 10.400 pendaftar yang sudah memiliki QR Code sebagai syarat pembelian solar.

Fahrougi berharap seluruh masyarakat dapat mendaftarkan kendaraan agar memperoleh QR Code, dikarenakan bila tidak, pembelian solar hanya akan dibatasi sebanyak 20 liter saja per hari.

Di sisi lain, katanya, uji coba kali ini akan dievaluasi secara berkala untuk diterapkan secara penuh.

Sebelumnya di lapangan, katanya, pembelian BBM solar subsidi, masih bisa beli dalam jumlah banyak, tapi sekarang tidak lagi karena hanya dibatasi 20 liter per kendaraan.

Pertamina sudah mengikuti pembaruan sistem yang lebih bagus. Tidak lagi ada data yang ganda karena data yang terupdate sekarang, akan menggugurkan data yang lama,” kata Fahrougi.

Adapun syarat pembelian solar dengan QR Code dilakukan agar distribusi BBM bersubsidi bisa tepat sasaran.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024