Manado (ANTARA) - Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulawesi Utara (Sulut)  Natanael Pepah mengapresiasi keberhasilan kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami akan mendukung penuh semua program Pemerintah Sulut, dan mengapresiasi sederet keberhasilan tujuh tahun kerja Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK)," kata Natanael, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan sederet keberhasilan membawa Sulut semakin maju di berbagai sektor, bahkan saat pandemi, pemerintahan ODSK mampu mengatasinya dengan baik.

Kinerja-kinerja yang telah dan sementara dilaksanakan membuat mata dunia menuju ke Sulawesi Utara, yakni pertama infrastruktur, Pemerintahan ODSK sukses mendatangkan mega proyek nasional seperti Tol Manado-Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan, KEK Bitung, Waduk Kuwil dan Lolak, peningkatan infrastruktur jalan, hingga penataan Bunaken serta peningkatan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Kedua, katanya, di bidang kesehatan, ODSK juga terbukti hebat, karena mampu mendirikan beberapa tempat pelayanan kesehatan.

Seperti, RSUD ODSK di Jalan Bethesda Kota Manado. RS Mata di Wanea, RS Jiwa di Kalasey, hingga Klinik Ibu dan Anak. Semua fasilitas kesehatan tersebut berstandar internasional.

Terlebih, ODSK dinilai bekerja baik ketika gelombang Covid-19 melanda dunia. Di saat itu pertumbuhan ekonomi daerah naik dan hadirnya RS Cita Waya khusus untuk penangan Covid-19.

Ketiga, sektor pertanian yakni Program Marijo bakobong Pemprov Sulut  terbukti ampuh menaikkan ekonomi daerah. Bahkan Nilai Tukar Petani (NTP) naik drastis. Juga Pemerintah menyiapkan asuransi pertanian kepada petani yang gagal panen.

Keempat, investasi ODSK terus menjamin kemudahan berinvestasi bagi siapa saja yang ingin masuk. Sehingga banyak investor asing yang masuk ke Sulut. Bahkan iklim investasi selang 7 tahun terakhir, sangat sejuk.

Pemerintah Sulut, memotong proses birokrasi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditugaskan mengawal kegiatan investasi.

Kelima, katanya, perekonomian Sulut pada triwulan II tahun 2022 tumbuh positif 5,93 persen (yoy). Lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan sebelumnya yang tercatat 3,89 persen (yoy) dan lebih tinggi dibandingkan nasional yang tumbuh 5,44 persen (yoy).

Keenam, katanya, pemerintahan ODSK juga dinilai sukses menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan

Dimana, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 7,28 persen pada Februari 2021, menjadi 6,51 persen pada Februari 2022. Penurunan angka TPT ini, tidak terlepas dari proses pemulihan perekonomian Sulut sepanjang triwulan IV- 2021 dan triwulan II/2022, yang telah mendorong meningkatnya kemampuan dunia usaha dalam melakukan penyerapan tenaga kerja.

Begitu juga dengan jumlah penduduk miskin di Provinsi Sulut pada Maret 2022 menurun sebesar 11,2 ribu jiwa dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Ketujuh, sektor pariwisata yang sempat lesu saat diterpa pandemi COVID-19 kembali menunjukkan asa-nya. Tahun ini OD-SK buka penerbangan langsung Manado-Korea dan Manado-Jepang. Kebijakan itu dinilai mampu untuk membangkitkan gairah pariwisata.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan kerja sama dan kekompakan ini akan terus terbangun, karena memang dari awal saya dan Pak Wagub Steven Kandouw sudah berkomitmen untuk satu tekad dalam memajukan daerah.

"Semua elemen juga bersatu padu dengan kita untuk memajukan daerah,” kata Gubernur.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024