Manado (ANTARA) - Berikut sederet prestasi yang ditorehkan pasangan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw di tahun ke tujuh keduanya memimpin Sulawesi Utara.
  Tahun ke tujuh kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. ANTARA/HO-DKISP (2)
Sejak diresmikannya Jembatan Soekarno, berbagai infrastruktur strategis kemudian dibangun di Bumi Nyiur Melambai ini yakni, Malalayang Beach Walk -Pasar Bersehati, Jalan Tol Manado-Bitung -KEK Pariwisata Likupang, Kawasan Industri Mongondow, KEK Industri Bitung, Bendungan Kuwil, perbaikan Bandara Internasional Sam Ratulangi, akses jalan luas ke area KEK Likupang, Rumah Sakit Daerah ODSK, Manado Outer Ring Road serta berbagai infrastruktur pendukung lainnya. 
  Tahun ke tujuh kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. ANTARA/HO-DKISP (3)
Kehadiran infrastruktur ini dinilai amat penting sebagai salah satu  fondasi penguat ekonomi daerah dan titik tumpu menuju sejahtera. 

Potret Ekonomi Sulawesi Utara di bawah Kepemimpinan ODSK 
  Tahun ke tujuh kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. ANTARA/HO-DKISP (4)
Perekonomian Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan II 2022 tumbuh positif 5,93 persen (yoy). Ini lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan sebelumnya yang tercatat 3,89 persen (yoy). Dengan capaian tersebut, kinerja perekonomian Sulut tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan perekonomian nasional yang tumbuh 5,44 persen (yoy). 
Seiring dengan kinerja perekonomian Sulawesi Utara yang tetap tumbuh positif pada triwulan II 2022, penyaluran kredit perbankan meningkat, terutama ditopang oleh penyaluran kredit modal kerja dan kredit konsumsi yang mengindikasikan perbaikan perekonomian daerah terus berlanjut. 
  Tahun ke tujuh kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. ANTARA/HO-DKISP (5)
Kemiskinan Sulut turun menurun sebesar 11,2 ribu jiwa 
  Tahun ke tujuh kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. ANTARA/HO-DKISP (6)
Kondisi kesejahteraan di Sulawesi Utara tercatat juga mengalami perbaikan, tercermin dari data terakhir tingkat kemiskinan yang menurun. 
Jumlah penduduk miskin di Provinsi Sulawesi Utara pada Maret 2022 menurun sebesar 11,2 ribu jiwa dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024