(LIPUTAN KHUSUS)

Manado (ANTARA Sulut) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut, mengingatkan seluruh jajaranya khusus para pejabat untuk paham teknologi dan tidak Gaptek (Gagap Teknologi).

     Untuk  meningkatkan penyerapan ilmu di dunia maya tersebut, maka Pemkot Manado disponsori Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Dearah) Senin dan Selasa Peninsula menggelar Bimbingan Teknis seputar Penerapan dan Pengoperasian Sistem E-Sakip, E-Monev dan EPPA Pemerintah Kota Manado, serta Workshop Pengaplikasian Teknologi Informasi Sosial Media dan Messanging di Sintesa Peninsula hotel.

     Saat membuka hajatan tersebut, Vicky Lumentut meminta para peserta Bimtek dan Workshop yakni PNS di sejumlah SKPD di Pemkot Manado, untuk  meninggalkan budaya lama, yakni mengikuti hajatan bimtek yang dianggap sebagai seremoni belaka tanpa mengambil ilmu dari kegiatan itu.

     "Untuk itu, mari ikuti pembekalan dengan sungguh-sungguh guna bisa diterapkan ditengah pekerjaan setiap harinya dan demi pelayanan ke tengah masyarakat," katanya.
    
     Ia mengatakan hajatan tersebut dirasakan sangat penting dalam kaitannya untuk memantapkan upaya pengendalian dan evaluasi pelaksanaan perencanaan program dan kegiatan serta penyerapan anggaran oleh tiap-tiap SKPD.
   
     Begitu juga dengan Workshop ini, memiliki arti penting dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan aparatur untuk mendayagunakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi guna memantapkan sinergitas dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, Pembangunan dan kemasyarakatan.
    
    Menurut GSVL, penerapan dan kemajuan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) memungkinkan berbagai program dan kegiatan pemerintahan dapat direncanakan, dimonitor, dan dievaluasi secara lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

     Serta dengan kualitas data yang lebih baik, bersifat real time, lebih mudah dikomunikasikan dan diinterpresentasikan menjadi informasi bagi para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan.  


Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024