(LIPUTAN KHUSUS)

Manado, (ANTARA Sulut) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan Ketua Tim Penggerak PKK Manado Paula Lumentut-Runtuwene, menyesalkan dan mengaku sedih dengan terjadinya kembali keributan di kawasan Sindulang Dua, hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa.
  
  "Sebagai anggota MPS (Majelis Pertimbangan Sinode) GMIM ini, pihaknya sangat menyayangkan dan kecewa dengan terus terjadinya aksi tawuran Antar Kampung (Tarkam) dan perang panah Wayer di sejumlah kecamatan di Manado," katanya, di sela-sela ibadah syukur di GMIM Firdaus Tumumpa II.
 
   Ia mengatakan, Minggu subuh sekitar pukul 04.00 Wita saat berkomunikasi dengan para Camat melalui ForS-One, Camat Tuminting dan Kasat Pol PP menjawab terjadi tarkam di lorong lumba-lumba Tuminting dan menelan korban.
 
    Korban menurut Vicky adalah warga masyarakat yang menjadi korban timah panas atau tembak ditempat aparat berwajib, sebab pelaku Tarkam dirasa sudah membahayakan keselamatan warga lainnya termasuk aparat berwajib di lapangan.
 
   "Saya sangat sedih mendengar kabar tersebut, karena menurut saya hal itu tidak perlu terjadi, tapi dengan sangat menyesal, sebagaimana komitmen bersama kita melalui Deklarasi Agustus Manado Aman dan Damai, pihak polisi selaku aparat penegak hukum tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas kalau terjadi upaya menganggu keamanan, apalagi mengancam jiwa orang lain,” ujarnya.
 
   Karena itu Vicy mengatakan, selaku Pemerintah Kota Manado, ia teap minta seluruh warga mengawal keamanan di Kota Manado, jangan mudah emosi dan terprovokasi, karena itu pasti akan mendatangkan penyesalan, bahkan kerugian semua pihak.
  
  Ia menambahkan hanya dengan kondisi aman dan damai kita warga jemaat bisa datang beribadah dan bersekutu untuk memuji Kemuliaan Nama Tuhan.
 
   "Oleh karena itu, warga jemaat GMIM khususnya bisa menjadi terdepan untuk menghadirkan suasana aman dan damai di Kota Manado. Mari kita kawal dan jadi pelopor, keamanan dan kedamaian di kota yang kita cintai ini," katanya.
  
  Ia mengatakan tidak akan  bosan-bosan meminta dan menasehati kalangan orang tua, untuk bisa terus mengawasi dan membimbing anak-anak seputar pendidikan dan pergaulannya. Orang tua harus bisa terus mengawasi, dan alangkah baiknya diarahkan ke hal positif seperti pelayanan iman guna menjadi generasi muda yang berpotensi untuk masa depan.
 
    Usai memberikan sambutan, Walikota Lumentut menandatangani prasasti peresmian GMIM Firdaus Tumumpa yang beberapa waktu lalu telah ditahbiskan.
 
  Ibadah syukur tersebut dipimpin oleh Pdt Dr Hein Arina MTh selaku Wakil Ketua Badan Pekerja Sinode GMIM dan dihadiri sejumlah pejabat teras Pemkot Manado.


Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024